ADB Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,1% di 2017

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 06 Apr 2017 12:43 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiaadb
ADB Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,1% di 2017
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) menilai Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi untuk tumbuh tinggi. ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini akan tumbuh 5,1 persen dan akan lebih tinggi di 2018 sebesar 5,3 persen.

"Kami melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berlanjut dari 2016 yang tumbuh lima persen dan kami perkirakan 2017 pada 5,1 persen dan 5,3 persen pada 2017," kata Kepala Perwakilan ADB Winfried Wicklein, di Kantor ADB, The Office Tower, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2017.

Winfried mengatakan pertumbuhan tersebut akan ditopang oleh perdagangan terutama ekspor, konsumsi dan juga investasi swasta.  Dia mengungkapkan, berkat investasi dan perdagangan yang membaik maka Indonesia akan mendapat momentum lebih lanjut untuk pertumbuhan ekonominya.



Namun demikian, untuk menuju pertumbuhan yang berkesinambungan dibutuhkan upaya terus menerus guna memperbaiki infrastruktur, memperdalam reformasi struktural, dan mengatasi kesenjangan. Bahkan, belanja pemerintah diperkirakan akan lebih baik dan meningkat pada tahun ini, selaras dengan alokasi anggaran pemerintah.

Selain itu, tambahnya, investasi swasta diperkirakan naik karena bertambahnya pendapatan dari ekspor komoditas dan dampak dari reformasi struktural baru-baru ini yang bertujuan untuk menghilangkan hambatan regulasi serta membuka sektor-sektor baru bagi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ekonom ADB Priasto Aji mengatakan, proyeksi tersebut sudah memasukkan kondisi perlambatan ekonomi di Tiongkok dan juga kebijakan Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden AS Donald Trump.

 


(ABD)