Daya Saing Indonesia Naik ke Peringkat 36

Angga Bratadharma    •    Jumat, 29 Sep 2017 15:34 WIB
pertumbuhan ekonomidaya saing indonesiaekonomi indonesia
Daya Saing Indonesia Naik ke Peringkat 36
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Daya saing Indonesia mengalami peningkatan di setahun terakhir lantaran makroekonomi dalam kondisi yang stabil dan terus membaik. Selain itu, hal dimaksud merupakan hasil dari sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah terkait peningkatan kemudahan berusaha di Tanah Air.

Mengutip The Global Competitiveness Report 2017-2018 yang dilansir World Economic Forum (WEF), Jumat 29 September 2017, terungkap bahwa Indonesia mengalami kenaikan lima peringkat yakni menjadi peringkat ke-36 dari 137 negara yang ada dalam indeks daya saing tersebut.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa lebih banyak negara berinovasi tapi mereka harus berbuat lebih banyak untuk menyebarkan manfaatnya. Pasar negara berkembang seperti Tiongkok, India, dan Indonesia menjadi pusat inovasi dan mereka terus mengejar ketertinggalan dari ekonomi di negara maju.

"Namun, mereka akan mendapatkan keuntungan dari mempercepat kemajuan dalam meningkatkan kesiapan orang dan perusahaan mereka ketika mengadopsi teknologi baru, yang diperlukan untuk menyebarkan secara luas potensi inovasi manfaat ekonomi dan sosial," tulis laporan tersebut.

Dengan menampilkan indeks daya saing global maka laporan ini menilai lanskap daya saing di 137 negara, memberikan wawasan unik tentang pendorong produktivitas dan kemakmuran mereka. Tentu Indonesia harus terus memperbaiki sejumlah aspek agar daya saing bisa terus mengalami peningkatan di masa-masa mendatang.

Swiss menduduki peringkat pertama, disusul dengan Amerika Serikat, Singapura, Belanda, Jerman, Hong Kong SAR, dan Sweden. Di Asia Tenggara, Indonesia masih ketinggalan dari Malaysia (23), dan Thailand (32). Secara global, Indonesia lebih baik dari Rusia (38), India (40), Portugal (42) dan Italia (43).


(ABD)