Punya iPhone X, Jangan Lupa Lapor Pajak!

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 16 Sep 2017 12:46 WIB
spt pajak
Punya iPhone X, Jangan Lupa Lapor Pajak!
Apple merilis iPhone X. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apple baru saja merilis ponsel pintar (smartphone) berseri iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Ponsel premium ini pun sudah dinanti jutaan warga dunia.

iPhone membanderol harga ponsel premiumnya mulai dari USD999 atau setara Rp13,2 juta (kurs Rp13.200 per USD). Sudah pasti, warga Indonesia pun menjadi salah satu yang ikut menantikannya. Para penggemar ponsel asal Amerika Serikat (AS) itu sepertinya tidak akan segan merogoh kocek sekitar Rp13 juta-an.

Namun harap diingat. Jika Anda telah membeli ponsel pintar ini, jangan lupa melaporkannya ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Dalam akun media sosial resmi Ditjen Pajak, para pengguna ponsel dengan lambang buah apel tergigit ini harus melaporkannya dan memasukkannya di surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak. Kendati tak menyebut merek tertentu, namun cuitan tersebut mengacu kepada ponsel Apple yang baru saja dirilis.



"Lagi heboh smartphone yang baru rilis ya? Ingat, tambahkan smartphone di kolom harta SPT tahunan ya. #sadarpajak," cuit Ditjen Pajak di akun Twitter @DitjenPajakRI pada 13 September 2017 lalu.

Pantauan Metrotvnews.com, Sabtu 16 September 2017, cuitan tersebut telah dikomentari oleh 142 warganet, disukai sebanyak 70 warganet, dan ditulis ulang (retweet) sebanyak 178 kali oleh warganet.

Selain itu, akun Ditjen Pajak juga termasuk aktif dalam berinteraksi dengan masyarakat. Bahkan, Ditjen Pajak tak segan-segan untuk menegur siapa pun yang mempunyai barang mahal tetapi belum melaporkannya. Seperti kasus Raffi Ahmad beberapa waktu lalu.

 


(AHL)