Pemerintah Berlakukan Penyederhanaan Perizinan Mulai April 2018

Patricia Vicka    •    Selasa, 13 Mar 2018 17:49 WIB
tax holidayperizinan
Pemerintah Berlakukan Penyederhanaan Perizinan Mulai April 2018
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Patricia Vicka)

Yogyakarta: Pemerintah akan melakukan penyederhanaan aturan perizinan investasi. Skema penyederhanaan sedang digodok dan akan mulai diberlakukan pada April 2018.

Menteri Perekonomian (Menko) Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dalam waktu dekat, pemerintah turut memberikan insentif berupa relaksasi dan penyederhanaan ketentuan pajak. Aturan yang akan disederhanakan seperti tax holiday dan tax allowance.

"April akan diberlakukan sistem tax holiday, tax allowance, dan penyederhanaan perizinan. Tadinya investor mengurus ratusan izin, diubah paling hanya mengurus dua atau tiga izin," ujar Darmin usai membuka Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal (KP3MN), di Yogyakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Penyederhanaan dan percepatan izin, menurutnya, sangat penting dan mendesak dilakukan. Hal ini guna menarik dan mendongkrak investasi yang masuk ke Indonesia.

Selama ini, Darmin mengatakan pengusaha kerap mengeluh lambat dan rumitnya birokrasi pengurusan izin di Indonesia. Kerumitan ini membuat pembangunan dan perkembangan investasi di Indonesia lama berkembang.

"Padahal kita sudah bikin deregulasi dan paket- paket kebijakan ekonomi. Tapi tetap dibilang lamban. Maka kami lakukan perombakan besar-besaran. Semua akan dibuat mudah dan sesederhana mungkin," tuturnya.

Nantinya dengan sistem penyederhaan terbaru, investor sudah bisa mulai berusaha sambil mengurus perizinan. Sehingga bisa menghemat waktu dan mempercepat mereka memanen hasil. 

"Kalau dulu mereka bisa investasi dan usaha kalau izinnya semua sudah selesai. Kalau nanti sistemnya kita buat enggak perlu tunggu selesai (urus izin), investor sudah bisa kerjain yang lain," kata Darmin.

Walau dipermudah, Darmin menegaskan investor tetap wajib memenuhi izin-izin dasar berusaha seperti izin mengurus lingkungan, izin keamanan, dan izin bangunan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengatakan tengah menyusun insentif berupa relaksasi dan penyederhanaan pajak. Dengan skema yang pasti, pengusaha bisa mendapatkan tax holiday 100 persen.


(AHL)