Harga Komoditas Naik, Capaian PNBP Minerba Lampaui Target

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Jan 2018 17:50 WIB
pnbp
Harga Komoditas Naik, Capaian PNBP Minerba Lampaui Target
Illustrasi (ANT/Yusran Uccang).

Jakarta: Meningkatnya harga komoditas dunia, termasuk mineral dan batu bara (minerba) membuat capaian penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di sektor tersebut melampaui target.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBNP0 2017, target PNBP minerba ditentukan sebesar Rp32,7 triliun. Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan realisasinya mencapai 125 persen dari target atau secara nominal sebesar Rp40,6 triliun.

"Ini karena kenaikan harga dan kenaikan produksi," kata Bambang dalam konferensi pers capaian kinerja Kementerian ESDM, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Capaian ini lebih tinggi dibanding capaian pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp27,2 triliun. Pada 2016, harga komoditas masih tergerus, sehingga dampaknya pada penerimaan negara juga ikut surut.

Jika dijabarkan, komposisi penerimaan minerba berasal dari royalti sebesar Rp23,2 triliun, iuran tetap Rp500 miliar, serta penjualan hasil tambang Rp16,9 triliun. Bambang menambahkan, di 2018, dalam APBN target PNBP di sektor minerba ditetapkan sebesar Rp32,1 triliun.





(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA