Darmin Minta Devisa Hasil Ekspor Masuk ke Tanah Air

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 28 Jul 2018 11:33 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Darmin Minta Devisa Hasil Ekspor Masuk ke Tanah Air
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pemerintah berharap agar eksportir menukarkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dalam bentuk valuta asing ke rupiah. Tujuannya demi menjaga stabilitas pergerakan nilai tukar di dalam negeri. Langkah itu menjadi penting mengingat dolar Amerika Serikat (USD) tengah menguat dan perlu ada upaya mengantisipasinya.

Dalam hal ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution meminta eksportir yang selama ini menyimpan devisa hasil ekspor di bank asing di luar negeri untuk memindahkan ke bank asing cabang Indonesia.

"Bisa kewajiban dari tempat mereka meminjam sehingga harus buka rekening di sana tapi kan bisa dipasangkan di cabang bank tersebut di sini," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat malam, 27 Juli 2018.

Darmin menegaskan pemerintah bersama Bank Indonesia akan berbicara dengan para pengusaha komoditas ekspor seperti batu bara dan kelapa sawit untuk memasukkan devisa ekspor mereka. Hal senada dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang meminta eksportir untuk menukarkan sisa valas dari kegiatan bayar utang dalam bentuk dolar menjadi rupiah.

"Sisanya bisa dibawa pulang ke Indonesia dan dikonversi ke rupiah," kata Ani, sapaan akrabnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai dengan banyaknya pasokan USD di dalam negeri akan menjaga nilai tukar rupiah dari kondisi yang makin terpuruk. "Dari dulu kami selalu mengharapkan devisa hasil ekspor dibawa ke Indonesia," pungkas dia.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA