Menkeu: Banyak Tantangan, Pertumbuhan Ekonomi Dunia Semakin Berat

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 22 Sep 2016 12:50 WIB
ekonomi dunia
Menkeu: Banyak Tantangan, Pertumbuhan Ekonomi Dunia Semakin Berat
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah tantangan ekonomi harus dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Tantangan ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi dunia mengalami pergerakan yang tidak terlalu menggembirakan sehingga berbagai institusi keuangan global merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

"Tantangan ekonomi global saat ini banyak institusi keuangan yang menyatakan bahwa (pertumbuhan ekonomi) ini akan sangat sulit untuk tumbuh," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam seminar Challenges to Global Economy yang diadakan LPS, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Dirinya menambahkan, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya harga komoditas sehingga berimbas pada lemahnya pertumbuhan ekonomi negara berkembang yang bergantung pada sektor ekonomi tersebut. Selain itu, rendahnya tingkat konsumsi masyarakat menjadi penyebab lain dari lambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Akibat dari itu semua, lembaga internasional seperti International Monetary Fund (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi global lebih rendah dari proyeksi sebelumnya. Tahun ini pertumbuhan ekonomi ditaksir hanya 3,1 persen sedangkan tahun depan tumbuh sekira 3,4 persen.

Kendati demikian, tetap ada optimisme untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global menjadi lebih tinggi. Meski sulit, pertemuan antara IMF dan Bank Dunia yang akan digelar diharapkan memberi solusi guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dunia.

"Banyak yang optimistis pertumbuhan ekonomi global akan membaik. Namun tahun ini tidak secepat dan tidak semudah yang dibayangkan. Dua minggu lagi akan ada pertemuan antara IMF dan Bank Dunia membahas ini," pungkas dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA