Darmin Tantang Lukita Naikkan Pertumbuhan Ekonomi Batam 7%

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 19 Oct 2017 16:41 WIB
investasi di batambp batam
Darmin Tantang Lukita Naikkan Pertumbuhan Ekonomi Batam 7%
Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) bersama jajaran dewan pengurus BP Batam yang baru. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lukita Dinarsyah Tuwo resmi menjabat sebagai Ketua BP Batam yang baru. Kepemimpinan Lukita diharapkan mampu mengembalikan kejayaan kawasan Batam dengan ditandai kenaikan pertumbuhan ekonomi.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengakui saat ini Batam tengah mengalami kemunduran. Hal tersebut terlihat dari capaian pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,45 persen, atau melambat dibanding tahun sebelumnya.

Serta berdasarkan capaian pertumbuhan ekonomi di kuartal I, Batam hanya mencatatkan angka 1,52 persen, sehingga diperkirakan hingga akhir 2017 akan berada di bawah dua persen.

"Ke depan pimpinan BP Batam yang baru  harus upayakan untuk ciptakan ekonomi Batam yang berdaya saing dan maju, dalam dua tahun ke depan hendaknya dapat mengembalikan pertumbuhan ekonomi di Batam sebesar tujuh persen," kata Darmin dalam sambutan pelantikan, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

Oleh karena itu, Darmin melanjutkan, Lukita dan jajarannya harus melakukan beberapa program di antaranya menyelesaikan dualisme dan membangun sinergi dengan semua pemangku kepentingan.

Kemudian mempercepat transformasi FTZ menjadi KEK, meningkatkan pelayanan investasi, meningkatkan kinerja organisasi BP Batam, serta mendukung pembangunan Kota Batam.

Selain itu, pengurus BP Batam yang baru juga harus menyelesaikan beberapa kebijakan kepengurusan sebelumnya yang belum dilaksanakan sejauh ini yakni pengalihan aset, pelayanan pelabuhan, menyelesaikan permasalahan lahan serta pelaksanaan audit BPKP.

"BP Batam harus menjaga dan menegakkan integritas, memfasilitasi kebutuhan investor, bukan memksimal penerimaan dan bersaing dengan investor, setiap kebijakan yang strategis dan signifikan agar melalukan komunikasi dengan stakeholder terkait dan melaporkan kepada Dewan Kawasan Batam," pungkas Darmin.

 


(AHL)