BI Pertahankan Suku Bunga di 4,75%

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 15:57 WIB
bi raterepo
BI Pertahankan Suku Bunga di 4,75%
Ilustrasi Gedung BI. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mempertahankan level suku bunga acuan BI 7 day Reverse Repo Rate sebesar 4,75 persen.

Dipertahankannya level suku bunga diikuti pula oleh langkah BI untuk mempertahankan suku bunga Deposit Facility (DF) serta Lending Facility (LF) yang masing-masing berada pada level sebesar empat persen dan 5,5 persen.

"Level suku bunga acuan BI 7 day Reverse Repo Rate tetap 4,75 pesen dengan suku bunga Deposit Fascility 4 persen dan Lending Facility 5,5 persen. berlaku efektif 19 Mei," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Keputusan tetap ini tidak mengubah suku bunga tersebut karena konsistensi dan upaya BI menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong berlanjutnya perekonomian domestik. Agus menjelaskan, stabilitas makroekonomi diperkirakan akan tetap terjaga dengan baik meskipun tetap memperhatikan berbagai risiko yang dapat mempengaruhi ekonomi Indonesia.

Baca: BI Diprediksi Pertahankan Level Suku Bunga Acuan

Beberapa risiko global yang diwaspadai oleh BI adalah perkembangan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Amerika Serikat dan kondisi geopolitik di semenanjung Korea. Sementara risiko domestik yang tetap harus diwaspadai adalah dampaknya penyesuaian adminstrered price terhadap inflasi dan konsolidasi perbankan.

"Untuk itu BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan. Karena ini saya juga mempererat dengan pemerintah untuk menjaga inflasi agar pada tetap pada kisaran sasaran agar mendukung ekonomi berkesinambungan," pungkas dia.


(AHL)