Minggu Kedua Agustus, Arus Modal Masuk RI Rp115 Triliun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 11 Aug 2017 15:19 WIB
capital inflow
Minggu Kedua Agustus, Arus Modal Masuk RI Rp115 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat arus modal masuk (inflow) ke Indonesia sebesar Rp115 triliun sampai dengan minggu kedua Agustus. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp137 triliun.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, meski modal masuk mengalami penurunan tetapi kepercayaan investor asing kepada Indonesia masih cukup baik. Ini dapat dilihat dari minat pembelian untuk surat utang negara (SUN) yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

"Kalau kita lihat pemerintah menawarkan SUN dan minat beli SUN menunjukan bahwa kepercayaan dunia kepada Indonesia baik," kata Agus ditemui di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 11 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, positifnya arus modal masuk ke Indonesia membuat nilai tukar rupiah masih dalam kondisi yang baik. Dengan volatilitas rupiah yang berada di bawah tiga persen maka membuat nilai tukar terbilang aman.

"Kita melihat bahwa Euro terus menunjukkan currency yang menguat. Kalau di Indonesia memang terjaga karena inflow cukup besar dan eksportir juga melepas dolarnya karena nilai tukarnya juga mencerminkan daripada fundamental ekonomi Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, BI memperkirakan neraca perdagangan Indonesia dalam kondisi yang tetap positif. Hal ini tercermin dari transaksi modal dan transaksi finansial sehingga membuat overall balance tetap positif.

"Transaksi berjalan di kuartal I di bawah satu persen GDP secara musiman memang di kuartal II lebih tertekan tapi kuartal II ada di bawah dua persen dari GDP. Nanti sepanjang tahun ada di 1,8 persen dari GDP," pungkasnya.

 


(AHL)