Menkeu Sebut Pembangunan Bangsa Dimulai dari SDM

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 05 Oct 2018 06:03 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu Sebut Pembangunan Bangsa Dimulai dari SDM
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/MOHAMAD IRFAN)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut pembangunan bangsa Indonesia bisa dimulai dengan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Pembangunan manusia menjadi awal bagaimana negara mencapai tujuannya dalam pembangunan nasional.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ketika menjadi pembicara dalam seminar Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Menurut dia pembangunan manusia dimulai dari jaminan pendidikan dan kesehatan yang diberikan oleh negara kepada masyarakat.

"Jadi kalau kita bicara pembangunan ukurannya adalah apakah manusianya mendapatkan pendidikan dan apakah dia mendapatkan jasa kesehatan," kata Ani, sapaan akrabnya, Kamis, 4 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan pemerintah punya peranan dalam membangun manusia sebagai dasar pembangunan negara. Ini dilakukan dengan menjalakan politik aktivitas yang bertujuan untuk bagaimana mengelola suatu daerah atau negara dan menjalankan kekuasaan.

"Dia menjadi manusia yang terdidik dan juga menjadi manusia yang sehat. Jadi fokus pembangunan pertama yang terpenting adalah manusia. Peranan kita menjamin anggaran besar mampu menghasilkan generasi muda yang baik," jelas dia.

Selain itu, pembangunan juga dimaksudkan untuk mecapai kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat. Dirinya mengingatkan bahwa politik pembangunan tidak ditujukan untuk memenuhi keinginan penguasa tetapi bagaimana mencapai kesejahteraan sebagai cita-cita negara.

Menurut dia arah pembangunan oleh pemerintah saat ini sudah tepat. Terbukti dengan angka kemiskinan yang turun mencapai level 9,8 persen yang merupakan terendah sepanjang sejarah Indonesia dan pengangguran menjadi 5,1 persen terendah dalam dua dekade terakhir.


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA