BI Publikasikan Indonia, Suku Bunga Acuan Pasar Uang

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 01 Aug 2018 16:40 WIB
Indonia
BI Publikasikan Indonia, Suku Bunga Acuan Pasar Uang
Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan (DPPK) Yoga Affandi. (FOTO: Medcom.id)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) akan mulai mempublikasikan Indonesia Overnight Index Average atau IndONIA pada per hari ini. Nantinya IndONIA akan bertransisi per 2 Januari 2019.

Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan (DPPK) Yoga Affandi menjelaskan IndONIA merupakan benchmark rate pasar uang yakni indeks pinjam meminjam antar bank tanpa agunan berjangka waktu satu malam atau overnight.

"Ini adalah suku bunga yang tersedia bagi pelaku pasar yang dihitung secara periodik dan digunakan sebagai referensi seperti penetapan suku bunga pinjaman, penetapan harga instrumen keuangan, dan pengukuran kinerja instrumen keuangan," kata dia, saat berbincang dengan media, di Jakarta, Selasa, 31 Juli 2018.

Adapun manfaat penguatan benchmark rate ada dua. Pertama mendorong transaksi derivatif suku bunga, di mana pasar derivatif suku bunga yang berkembang dapat mendukung pengembangan pasar modal melalui aktivitas lindung nilai suku bunga.

"Kedua, penggunaan suku bunga referensi yang transparan dalam berbagai produk keuangan seperti kredit perbankan," tambahnya.

Nantinya pasar uang Indonesia akan memiliki dua referensi suku bunga yakni IndONIA dan JIBOR untuk acuan jangka waktu peminjaman satu minggu, satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan 12 bulan. Bank Indonesia akan mengkalkulasi data Pasar Uang Antar Bank (PUAB) overnight dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Hal ini diharapkan dapat mendorong pengelolaan ekspektasi suku bunga dan eksposur risiko nasabah, serta mendukung peningkatan transmisi kebijakan moneter.

Menurut Yoga, IndONIA ini akan ada proses transisi dari 1 Agustus 2018 hingga 2 Januari 2019. Adanya proses transisi ini ditujukan agar IndONIA mulai digunakan sebagai referensi atas suku bunga overnight.

"Serta masa transisi ini sebagai proses penyesuaian referensi yang digunakan dalam kontrak-kontrak keuangan dalam mulai berjalan," jelasnya.

Benchmark rate pasar uang secara global berbentuk iBORs (Interbank Offered Rates) dan masing-masing negara memiliki benchmark rate sendiri seperti LIBOR di Inggris, EURIBOR di Uni Eropa, Tibor di Jepang, dan JIBOR di Indonesia.

 
(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA