Neraca Perdagangan Diprediksi Kembali Defisit di Juli

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 07 Aug 2018 13:15 WIB
neraca perdagangan indonesia
Neraca Perdagangan Diprediksi Kembali Defisit di Juli
Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperkirakan neraca perdagangan akan kembali defisit pada Juli ini. Setelah bulan lalu surplus, neraca perdagangan diprediksi defisit sebagaimana empat bulan sebelumnya sepanjang tahun ini.

"Insyaallah menurut inteligen, Juli defisit lagi. Jadi kita akan lihat kinerjanya," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan, dalam Gathering Eksportir Indonesia, di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Selasa, 7 Agustus 2018.

Oke mempertanyakan kinerja para eksportir yang belum mampu meningkatkan ekspor sehingga membuat neraca perdagangan defisit. Menurut dia kinerja perdagangan Indonesia sampai pertengahan tahun ini belum menggairahkan.

"Kinerja perdagangan kita kurang menggairahkan, atau tidak menggairahkan. Januari kita defisit. Dari enam bulan pertama, empat bulan itu defisit, Januari defisit, Februari defisit, Maret surplus, April defisit, Mei defisit, dan Juni surplus," jelas dia.



Pada Juni 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan surplus sebesar USD1,74 miliar. Sayangnya secara kumulatif sejak Januari sampai dengan Juni 2018, neraca perdagangan masih defisit sebesar USD1,02 miliar.

Defisit neraca perdagangan dikarenakan neraca migas yang defisit USD5,39 miliar meskipun nonmigas surplus USD4,37 miliar. Selain itu, defisit pada Januari, Februari, April, dan Mei membuat surplus Maret dan Juni tidak banyak membantu kinerja ekspor impor nasional.

Untuk itu, Oke berharap, pertemuan dengan para eksportir kali ini bisa mengurai masalah yang ada di lapangan. Apalagi pemerintah terus berupaya menekan impor sambil mendorong ekspor demi meningkatkan perekonomian nasional.

 


(ABD)


Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

2 hours Ago

Pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018 telah resmi ditutup pada Minggu (14/10/2018). Acara…

BERITA LAINNYA