Pemerintah Hibahkan 400 Komputer Usai Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Mar 2018 07:04 WIB
imf
Pemerintah Hibahkan 400 Komputer Usai Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.Medcom/Annisa Ayu Artanti.

Jakarta: Pemerintah menyebut akan ada banyak manfaat yang didapat oleh Indonesia, bahkan setelah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 di Bali. Salah satunya adalah hibah 400 komputer yang akan digunakan selama pelaksanaan event internasional tersebut.

"Kita beli 400 buah (komputer), akan dibagikan ke Kabupaten Banyuwangi, Bali dan Lombok. Jadi barang kembali ke rakyat," kata Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Maret 2018.

Dirinya menambahkan, pemerintah akan menggunakan anggaran yang ada seefisien mungkin sehingga tidak ada yang percuma dari pelaksanaan pertemuan itu. Apalagi sampai saat ini pemerintah terus melakukan persiapan guna memastikan acara tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Menurut Luhut, pembagian hibah komputer akan ditentukan oleh pemerintah daerah yang telah ditunjuk pemerintah pusat. Diharapkan setelah acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia selesai, masih ada manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

"Kalau komputer akan dibagikan ke sekolah kita yang ada di Banyuwangi, Bali dan Lombok. Teknis sedang kita kumpulkan dengan para pimpinan daerah. Tapi kami sepakat jangan dikecrek (dibagikan) satu-satu, sehingga bisa langsung bermanfaat," jelas dia.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut akan ada koneksi internet tingkat tinggi yang dibangun pemerintah pada penyelenggaraan pertemuan. Bahkan kecepatan internet ini sudah diapresiasi oleh para peserta yang akan menggunakan infrastuktur tersebut.


"Ada 1.000 staf World Bank dan IMF yang berkantor di sana lebih dari dua minggu, sekitar satu bulan. Jadi hotelnya dikonversi dengan high speed internet. Mereka happy, mereka tidak bawa mainframe dari luar, tidak bawa infrastruktur dari luar," kata Rudiantara.

 


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA