Sri Mulyani akan Perketat Penempatan Pegawai Kemenkeu

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:25 WIB
kementerian keuangan
Sri Mulyani akan Perketat Penempatan Pegawai Kemenkeu
Menkeu Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akan memperketat penugasan dan penempatan para pegawainya di setiap lini. Cara ini merupakan salah satu agenda dari evaluasi yang dilakukannya.

Hal tersebut setelah ada lagi pegawai yang tertangkap tangan oleh KPK saat tengah melakukan transaksi suap menyuap. Pejabat tersebut adalah HS, Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak. Rupanya HS baru saja dimutasi ke posisinya itu dengan cara promosi atau tanpa proses seleksi.

"Termasuk seluruh ya evaluasi promosi penempatan akan dilakukan jadi secara lebih baik," kata Ani di Jakarta, Rabu, 23 November malam.

Dirinya mengatakan, saat ini sedang ada bersih-bersih institusi. Untuk HS, Ani menegaskan akan melepaskan dia dari jabatannya. Dia pun bersama Inspektorat Jenderal sebagai pengawas kinerja akan melihat pola yang ada di unit yang ditempati HS barangkali ada pola yang sama. Jika ada beberapa fungsi yang dianggap rawan maka ia tak segan untuk menindaklanjuti tanpa harus menunggu adanya bukti dan penangkapan terlebih dahulu. Pasalnya, semakin cepat dilakukan semakin baik.

"Malah justru menurut saya sebagian besar yang memilliki komitmen pada tugas fungsi tanggung jawabnya mereka akan sangat kecewa pada orang-orang ini. Oleh karena itu, semakin cepat dibersihkan akan semakin baik," tutur mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Terkait perombakan besar-besaran, lanjut Ani, dia akan menunggu rekomendasi KPK. "Saya akan lihat apa yang dilakukan oleh yang dan bagaimana masukan dari KPK soal kasus itu dulu," ucap dia.


(AHL)