BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi 5,01% di Kuartal II-2017

Suci Sedya Utami    •    Senin, 07 Aug 2017 11:45 WIB
pertumbuhan ekonomibpsekonomi indonesia
BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi 5,01% di Kuartal II-2017
Gedung BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,01 persen di kuartal II-2017. Perolehan pertumbuhan ini sama persis dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2017. Namun, jika di lihat secara year on year (yoy) mengalami pelemahan karena kuartal II-2016 mencapai 5,18 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, secara kumulatif maka pertumbuhan ekonomi semester I-2017 mencapai sebesar 5,01 persen. Suhariyanto mengakui capaian tersebut memang masih jauh dari ekspektasi. Tentu diharapkan di masa mendatang pertumbuhan tersebut bisa lebih baik.

"Angka ini masih di bawah ekspektasi 5,1 persen," kata Suhariyanto, dalam sebuah konferensi pers, di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017.



Kendati demikian, lanjut dia, jika dilihat dari situasi ekonomi saat ini maka angka ini terbilang baik. Apalagi Indonesia hanya kalah dari Tiongkok yang tumbuh 6,9 persen di kuartal II. Sementara jika dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Singapura, Indonesia masih lebih tinggi.

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Lebih Tinggi di Kuartal II-2017

Dalam hal ini, AS dan Singapura pada kuartal II masing-masing tumbuh 2,1 persen dan 2,5 persen. "Tapi saya bilang ini lumayan bagus kalau kita lihat perekonomian global dan penurunan harga komoditas," jelas dia.

Baca: Ekonomi Domestik Triwulan I Tumbuh Lebih Baik

Lebih jauh, Suhariyanto menambahkan, ke depan Indonesia harus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan yang ditargetkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar 5,2 persen.

 


(ABD)