Jusuf Kalla Berharap Indeks Rasio Gini Terus Turun

Dheri Agriesta    •    Jumat, 19 Aug 2016 19:00 WIB
sensusbps
Jusuf Kalla Berharap Indeks Rasio Gini Terus Turun
Wapres Jusuf Kalla. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indeks rasio gini Indonesia turun dari 0,42 menjadi 0,397, namun masih ada ketimpangan dari sisi distribusi pengeluaran masyarakat. Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap, indeks rasio gini terus menunjukkan tren positif.

"Kami berharap agar indeks rasio gini kita makin turun, makin kecil," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2016).

Pemerintah telah melaksanakan sejumlah program untuk mendukung hal itu. Kalla mengatakan, berbagai bantuan telah diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam golongan tidak mampu.

Bantuan pangan dalam bentuk beras miskin (raskin), kesehatan, pendidikan, kredit usaha rakyat (KUR) telah menghasilkan perubahan seperti saat ini. Kalla pun puas dengan menurunnya indeks rasio gini ini.

Kalla mengakui, kesenjangan pendapatan masyarakat memang masih terasa. Pemerintah sedang memutar otak untuk membuat pendapatan ini sedikit seimbang, apalagi dengan harga bahan pokok yang sering naik turun.

Pria asal Makassar ini menjelaskan, salah satu cara untuk menyeimbangkan pendapatan ini dengan menaikkan pendapatan masyarakat yang masih rendah. Berbagai program pun telah disiapkan pemerintah.

"Misalnya dengan program sosial, pembangunan di daerah, pembangunan desa, pasti efeknya menyebabkan rasio gini lebih baik," kata Kalla.


(AHL)