Ikuti Tax Amnesty, Pengusaha Baru Laporkan 60-70% Harta

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Sep 2016 19:56 WIB
tax amnesty
Ikuti <i>Tax Amnesty</i>, Pengusaha Baru Laporkan 60-70% Harta
Illustrasi (Foto Dok BCA).

Metrotvnews.com, Jakarta: Minat pengusaha untuk ikut program amnesti pajak cukup besar mengingat pemerintah membebaskan denda dan hanya membayar tunggakan pajak. Namun demikian, para pengusaha hanya bisa melaporkan sebagian harta mereka.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita mengaku, para pengusaha hanya bisa melaporkan harta sebanyak 60 persen hingga 70 persen saat ikut amnesti pajak. Sementara sisa pelaporan harta akan disampaikan saat periode kedua.

"Sisanya Oktober, kan nambahnya hanya satu persen. Mereka sebenarnya maunya semua, tapi dokumennya belum clear. Di Singapura masih diurus," kata Suryadi di kantor pusat Ditjen Pajak, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2016).

Seperti diketahui, program amnesti pajak berlangsung dari Juli 2016 hingga akhir Maret 2017. Program ini terjadi dalam tiga periode. Periode pertama dari Juli-September 2016 merupakan periode dengan tarif tebusan terendah dengan dua persen untuk deklarasi dalam negeri dan empat persen untuk luar negeri.

Periode kedua yakni 1 Oktober sampai dengan akhir Desember 2016 merupakan periode dengan tebusan tiga persen untuk deklarasi dalam negeri dan enam persen untuk luar negeri. Periode terakhir dari 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017 dengan tarif tebusan lima persen untuk deklarasi dalam negeri dan 10 persen untuk luar negeri. 

Suryadi menambahkan, amnesti pajak membuat banyaknya dana yang masuk ke Indonesia. Dengan kondisi itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih terdorong lewat pinjaman yang diberikan.

Apalagi, lanjut dia, dana-dana yang digulirkan tersebut memiliki bunga pinjaman rendah. Alhasil, pembangunan akan lebih tergenjot sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Dana-dana tax amnesty kan masuk ke bank persepsi yang kelihatannya cukup menarik bunganya, ada yang di bawah 10 persen. Terutama bank gateway yang 18 bank itu," pungkas Suryadi.


(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA