Tips Andai Lupa e-FIN untuk Isi SPT Tahunan

Angga Bratadharma    •    Jumat, 09 Mar 2018 13:35 WIB
pajakekonomi indonesiaspt pajak
Tips Andai Lupa e-FIN untuk Isi SPT Tahunan
Ilustrasi (FOTO: Ditjen Pajak Kemenkeu)

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengembangkan teknologi untuk pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPh) tahunan yakni melalui e-filing. Dengan e-filing, Wajib Pajak (WP) tidak perlu lagi repot-repot ke kantor pajak terdekat guna melaporkan SPT lantaran bisa menggunakan sistem online.

Mengutip laman resmi DJP Kemenkeu, Jumat, 9 Maret 2018, bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.


Sumber: Ditjen Pajak Kemenkeu

Untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya, e-Filing di DJP Online menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa Loader e-SPT. Melalui Loader e-SPT ini, SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).



Namun, sebelum menggunakan e-filing, WP tentu harus memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN). EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada WP yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP, seperti lapor SPT melalui e-filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.


Sumber: Ditjen Pajak Kemenkeu

Lantas bagaimana ketika WP lupa dengan EFIN? Bagi WP yang lupa maka DJP Kemenkeu memberikan beberapa tips.




Sumber: Ditjen Pajak Kemenkeu

Selain itu, terdapat cara lain yang bisa dilakukan WP untuk mencari EFIN yang hilang. Pertama, bongkar berkas-berkas perpajakan karena mungkin kertas EFIN terselip. Kedua, cek inbox email. Setelah itu, coba search EFIN.


Sumber: Ditjen Pajak Kemenkeu

Ketiga, hubungi Kring Pajak 1500200 dan siapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta konfirmasi data diri. Keempat, datang ke KPP terdekat untuk meminta cetak ulang EFIN dan jangan lupa membawa fotokopi KTP dan NPWP beserta aslinya.

Setelah EFIN aktif kembali, WP dapat menggunakannya? untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online. Bagi WP yang telah terdaftar, EFIN ini juga diperlukan jika melakukan reset password maupun email di situs aplikasi DJP Online. Jadi, simpan EFIN dengan baik. Maka WP cukup sekali saja datang ke KPP untuk aktivasi EFIN, karena EFIN berlaku untuk seumur hidup.

 


(ABD)