Menkeu Memungkinkan Ekonomi RI hanya Tumbuh 5,1% Sepanjang 2017

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 10 Nov 2017 15:50 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu Memungkinkan Ekonomi RI hanya Tumbuh 5,1% Sepanjang 2017
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan adanya kemungkinan ekonomi Indonesia sepanjang tahun hanya tumbuh pada batas bawah 5,10 persen.

Hal ini menyusul capaian hingga kuartal tiga secara kumulatif hanya tercatat 5,03 persen. Namun, Ani juga masih memasang batas atas proyeksi 5,17 persen. Sementara target pertumbuhan ekonomi dalam Angaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar 5,2 persen.

Ani pun masih optimistis memperkirakan ekonomi di sisa kuartal IV masih bisa dicapai di angka 5,3 persen. Angka tersebut didukung dengan investasi dan ekspor yang memang membaik dan mengalami penguatan di kuartal III dan diharapkan berlanjut.

"Mungkin kuartal IV kita masih bisa berharap 5,3 persem sehingga total masih ada 5,10-5,17 persen," kata Ani di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 10 November 2017.

Sedangkan untuk belanja pemerintah, kata Ani, seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya di akhir kuartal akan mengalami akselerasi. Dia bilang Kementerian Keuangan terus memantau kebutuhan sehingga seluruh program kementerian dan lembaga bisa dijalankan.

"Kalau dilihat dari kuartal IV ini terutama, kenaikan dari sisi penerimaan dan belanja akan berjalan bersama-sama. Namun saya tetap saya tetap berharap dan melihat volume total belanja yang sudah diajukan di kuartal IV ini dibandingkan tahun lalu, jadi pertumbuhan year-on-year positif sehingga berdampak positif ke pertumbuhan ekonomi," jelas dia.

 


(AHL)