Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2017 Ditopang Investasi dan Konsumsi

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 03:40 WIB
ekonomi indonesia
Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2017 Ditopang Investasi dan Konsumsi
Illustrasi.MI/Galih.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebutkan jika berapa indikator pertumbuhan ekonomi untuk kuartal II mengalami perbaikan. Secara keseluruhan tahun ini BI memprediksi ekonomi tumbuh sebesar lima hingga 5,4 persen.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo mengatakan, faktor utamanya adalah investasi. Hal ini tak terlepas dari pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah.


"Investasi bangunan tidak saja berasal dari infrastruktur pemerintah tetapi juga swasta khususnya properti. Investasi non bangunan juga demikian realtif meningkat," ujarnya di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, investasi non bangunan didorong oleh peningkatan investasi di sektor komoditas. Misalnya saja dengan meningkatnya penjualan alat-alat berat untuk perkebunan dan pertambangan.

"Konsumsi sendiri relatif juga (meningkat), konsumsi swasta meningkat dibanding kuartal satu meskipun perkiraaan kita peningkatannya tidak begitu besar karena masih ada indikator yang masih mix, tetapi confidence konsumen cukup meningkat dalam membelanjakan uangnya," jelas dia.

Selain itu, konsumsi rumah tangga untuk kuartal II diprediksi akan meningkat dipengaruhi oleh kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Dengan begitu, bank sentral meyakini pertumbuhan ekonomi lebih baik atau paling tidak sama seperti kuartal I.

"Konsumsi yang meningkat konsumsi pada saat puasa dan Lebaran biasanya mengalami kenaikan yang tinggi. Untuk keseluruhan PDB kuartal kedua kita masih hampir sama dengan kuartal pertama, Slightly meningkat dari 5,01 persen di kuartal I," pungkasnya.


(SAW)