Kemenkeu Buka Lowongan 2.880 CPNS, Porsi Terbanyak untuk Ditjen Pajak

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 Sep 2017 16:37 WIB
kementerian keuanganseleksi cpns
Kemenkeu Buka Lowongan 2.880 CPNS, Porsi Terbanyak untuk Ditjen Pajak
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka lowongan sebanyak 2.880 orang untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. Langkah ini sebagaimana visi Kemenkeu untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, posisi paling banyak dibutuhkan adalah untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mencapai 1.721 CPNS. Selanjutnya adalah untuk posisi di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebanyak 575 CPNS.

"Untuk meningkatkan kepatuhan pajak dan bea cukai, untuk meningkatkan penerimaan negara dan pelayanan prima juga untuk menjelaskan APBN atau fiskal yang prudent, mengelola keuangan dengan risiko minimal," ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis 7 September 2017.

Dari 60 Kementerian dan Lembaga yang membuka penerimaan CPNS tahun ini, Kemenkeu merupakan yang paling banyak. Untuk itu, Sri Mulyani berharap jika para putra putri terbaik bangsa dapat bergabung dengan Kemenkeu.

"Serta menarik dan mempertahankan talent yang terbaik. Ini relevan dalam rangka kami rekrutmen PNS, kami rekrutmen talent yang terbaik," jelas dia.

Dirinya menambahkan, ada lima nilai-nilai institusi yang dimiliki oleh Kemenkeu yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan. Menurut dia nilai ini melandasi kualifikasi PNS yang diinginkan sehingga para pelamar bisa diterima.

"Ini juga ada value tadi. Di dalam hal ini berdasar kinerja organisasi yang kami canangkan, maka kami memiliki pilar-pilar perencanaan recuritment training performance, manajemen, reward," pungkasnya.

 


(AHL)