Menko Darmin tak Menampik Rencana Revisi Aturan Devisa Bebas

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:02 WIB
devisa hasil ekspor
Menko Darmin tak Menampik Rencana Revisi Aturan Devisa Bebas
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution tak menampik adanya rencana untuk merevisi aturan devisa bebas yang diterapkan Indonesia seperti yang diindikasikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Meski masih malu untuk menjelaskan, nyatanya Darmin tak mengelak ketika ditanya wacana tersebut sudah dibicarakan di tataran Pemerintah.

Baca: Rezim Devisa Bebas dan Kesulitan Stabilkan Rupiah

"Saya tidak bilang belum ada (pembicaraan soal ini),"  kata Darmin ditemui di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).




Dia mengatakan, revisi aturan tersebut dimungkinkan. Pasalnya, dikatakan Darmin, selama ini yang membuat uang warga negara Indonesia banyak yang disimpan di luar negeri dikarenakan adanya Undang-Undang devisa bebas.

Namun demikian, lanjut mantan Gubernur Bank Indonesia ini, semua masih dalam taraf wacana. Perlu proses dan pemikiran yang lebih matang untung menggolkan wacana tersebut.

"Itu salah satu kemungkinan tapi semua masih harus melalui proses dialog dan diskusi. Kita tidak bisa menarik kesimpulan dengan cepat," jelas Darmin.
(AHL)