Darmin: Pelonggaran Kebijakan Moneter Masih Terbuka

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:48 WIB
bi rate
Darmin: Pelonggaran Kebijakan Moneter Masih Terbuka
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) Foto Antara / Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berpendapat masih ada ruang bagi Bank Indonesia (BI) untuk melonggarkan kebijakan moneter melalui instrumen suku bunga 7 days repo.

Dirinya melihat otoritas moneter sudah memiliki waktu yang tepat untuk kembali menurunkan suku bunga 7 days repo tanpa harus diintervensi oleh pemerintah. Apalagi dengan melihat rendahnya inflasi yang membuat ruang pelonggaran moneter semakin lebar.

Baca Penurunan BI 7 Day Repo Rate Dinilai Gairahkan Pasar

"Ya memang karena ruangnya masih ada. Kalau ruangnya ada, tidak perlu disuruh  juga turun. Mereka sudah tahu kapan waktu pelonggaran itu," kata Darmin di Jakarta, Rabu (19/10/2016). 

Menurut dia ruang pelonggaran tersebut masih ada untuk menstimulus perekonomian nasional tumbuh. Pasalnya, diakui mantan Gubernur BI ini, pertumbuhan harus diciptakan dengan memperkuat kebijakan di dalam negeri, karena untuk saat ini, Indonesia tak bisa mengandalkan faktor eksternal yang terus dilanda ketidakpastian.

"Kita tahu ekonomi dunia belum bangkit. Oleh karena itu, Indonesia justru strateginya bagaimana untuk bisa mempertahankan ekonominya sendiri agar relatif baik," pungkas dia.





(SAW)