Menkeu: Dunia Belum Lepas dari Krisis Sejak 2008

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Sep 2016 15:32 WIB
pertumbuhan ekonomi
Menkeu: Dunia Belum Lepas dari Krisis Sejak 2008
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengakui jika dunia belum lepas dari krisis sejak periode 2008-2009.

"Sebelum krisis, pertumbuhan perdagangan masih kuat, bisa dua digit. Sekarang hanya 3-3,5 persen," ungkap Sri Mulyani, di acara Forum FPCI, di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Ani, sapaan Sri Mulyani, menegaskan bahwa perdagangan dan harga komoditas merupakan dua hal yang relevan terhadap perekonomian Indonesia.

"Itu yang relevan. Faktor eksternal bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia, salah satunya adalah pertumbuhan perdagangan yang masih sangat lemah," jelas Menkeu Ani.

Mantan petinggi Bank Dunia ini menambahkan, kondisi ekonomi dunia mempunyai pengaruh yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Termasuk keadaan ekonomi negara lain yang mempunyai hubungan bilateral dengan Indonesia.

"Amerika Serikat (AS) sangat stabil dan juga cepat. Apalagi dalam pemerintahan Obama. Eropa yang saya lihat agak lambat, terutama setelah adanya Brexit," paparnya.

Dia mengungkapkan bahwa banyak negara berkembang masih belum mempunyai source of growth.

"Itu bisa karena tergantung pasar luar negeri dan di situasi ini, Tiongkok bisa menjadi negara yang dingin," pungkasnya.

Di G20, diungkapkan oleh Menkeu Ani bahwa Indonesia berada di peringkat ketiga negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA