Menkeu akan Negosiasi dengan Google

Desi Angriani    •    Jumat, 16 Sep 2016 23:35 WIB
google
Menkeu akan Negosiasi dengan Google
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan melihat kendala Google menjadi bentuk usaha tetap (BUT).

"Kita akan terus lakukan negosiasi, apa-apa yang ada di Undang-Undang (UU) kami dan apa apa yang menurut mereka adalah kendala," ujar Ani, begitu ia kerap disapa, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Terkait bisnis iklan Google di Singapura, Ani mengakui jika ini menjadi sebuah persoalan. Apakah itu terkait suatu strategi atau suatu upaya yang sah secara UU.

"Kalau dia headporter-nya tidak ada di Indonesia, bagaimana status kalau aktivitasnya ada di Indonesia. Makanya kami melakukan pendekatan-pendekatan agar ada suatu share penerimaan pajak yang adil," tegas dia.

Menurut Sri Mulyani, apabila basis kegiatan Google ada di Indonesia, serta hasil pendapatan berasal dari Indonesia, tentunya negara ini punya hak untuk mendapatkan pajaknya.

"Saya tahu ini persoalan yang akan terus berkembang karena modus dari banyak perusahaan itu memiliki operasi yang sifatnya multiple jurisdiction. Itu yang menyebabkan kita harus lakukan perbaikan. Dan kita semua setuju kalau sifatnya penghindaran pajak, maka itu adalah sesuatu yang kami akan minta untuk dihentikan," tutup dia.


(HUS)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA