Menkeu Bantah Anggapan Moody's soal Pilkada Hambat Reformasi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 Jan 2018 13:49 WIB
pilkada 2018
Menkeu Bantah Anggapan Moody's soal Pilkada Hambat Reformasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: AFP)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tidak sepakat tentang pandangan lembaga rating internasional Moody's yang menyatakan pilkada memperlambat reformasi ekonomi. Ani, sapaan akrab Sri Mulyani mengatakan pemerintah tetap akan menjalankan reformasi yang diagendakan tanpa terganggu oleh momentum pesta demokrasi yang dilakukan di 171 daerah di Indonesia.

"Jadi, saya ingin menegaskan bahwa seluruh alasan tahun ini kemudian pemerintah akan terdistraksi atau terganggu konsesentrasinya dan tidak menjalankan berbagai program reformasi, itu salah," kata Ani di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari 2018.

Jalannya reformasi ditandai dengan makin solidnya pemerintah dalam membenahi permasalahan yang menghambat investasi. Pembenahan tersebut dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menko Perekonomian Darmin Nasution.

"Pemerintah berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi, untuk bisa membuat kemajuan yang konkret di bidang investasi dan mendukung ekspor. Ini adalah komitmen yang harus juga dilaksanakan," tutur dia.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan pilkada merupakan kegiatan politik yang rutin dilakukan setiap lima tahunan. Dari pengalaman sebelumnya, pilkada berjalan tanpa mengganggu momentum ekonomi.

"Selama ini juga terjadi pilkada terus selama 2-3 tahun terakhir, reformasi jalan terus, apalagi sektor fiskal yang diperbaiki, moneter diperbaiki, struktur yang diperbaiki, jadi jalan terus," ujar Suahasil.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara percaya dengan kinerja pemerintah dalam menjalankan reformasi di tahun politik.

"Kita jangan ragukan komitmen pemerintah yang melakukan reformasi ekonomi luar biasa, walaupun tahun politik," tambah Mirza.

 


(AHL)