Sri Mulyani Jamin Utang Luar Negeri masih Aman

   •    Senin, 12 Mar 2018 08:17 WIB
utang luar negeri
Sri Mulyani Jamin Utang Luar Negeri masih Aman
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: AFP)

Yogyakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebijakan bank sentral AS, The Fed, yang kemungkinan menaikkan suku bunga hingga empat kali lipat, telah memengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah dan mata uang negara lainnya sehingga menimbulkan ketidakpastian ekonomi.

Meskipun demikian, Sri Mulyani menjamin kondisi utang Indonesia masih aman. Berdasarkan data Bank Indonesia, rasio utang luar negeri Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) pada akhir triwulan IV-2017 tercatat stabil di kisaran 34 persen. Selain itu, rasio utang jangka pendek terhadap total ULN juga relatif stabil di kisaran 13 persen.

Menurut Menkeu, aturannya untuk utang tidak boleh lebih 60 persen dari PDB negara. Bila dibandingkan dengan negara lain seperti AS dan Jepang, rasio utang Indonesia masih lebih rendah.

Sri Mulyani pun menegaskan, dalam pengelolaan utang dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan amanat undang-undang. "Kita juga melihat kesehatan keuangan negara seperti apa. Kita sangat transparan dalam hal anggaran," kata dia dalam Diskusi Nasional #8 Indonesia Maju di Yogyakarta, Minggu, 11 Maret 2018.

Bahkan, menurut dia, kondisi ekonomi Indonesia saat ini lebih baik, terutama setelah dilakukan penyehatan APBN pada 2016. Ia menyebut ada usaha memprovokasi yang menakut-nakuti masyarakat dengan melihat utang hanya berdasarkan angka. Orang-orang tersebut sengaja ingin membuat masyarakat dan negara menjadi tidak percaya diri.

Sri Mulyani mengatakan, dalam mengantisipasi dampak kebijakan bank sentral AS, Kemenkeu bersama Kementerian Koordinator Perekonomian dan Bank Indonesia terus menjaga stabilitas perekonomian Indonesia.

"Momentum pertumbuhan ekonomi dengan terus fokus pada pertumbuhan investasi dan peningkatan ekspor juga harus tetap dijaga," tegasnya. (Media Indonesia)

 


(AHL)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA