Upaya BI Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia

Kautsar Widya Prabowo    •    Rabu, 07 Feb 2018 11:19 WIB
bank indonesiaekonomi indonesia
Upaya BI Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia
Gubernur BI Agus DW Martowardojo. (FOTO: medcom.id/Kautsar)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memiliki strategi tersendiri dalam menjaga stabilitas makroekonomi Indonesia dan stabilitas keuangan Indonesia.

Salah satu strategi tersebut yakni menahan suku bunga 4,25 persen di tengah kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve pada Desember 2017 yang menaikkan suku bunga 25 basis poin menjadi di kisaran 1,25 persen sampai 1,5 persen.

Menurut Gubernur BI Agus DW Martowardojo, hal ini membuat pertumbuhan ekonomi terus membaik hingga kuartal IV-2017.

"Proses pemulihan ini terus berjalan terlihat dari perkiraan kuartal IV-2017 pada kisaran 5,07 persen ternyata dapat mencapai 5,19 persen. Jadi lebih baik dari yang kita proyeksikan dan ini tidak terlepas dari peran ekspor dan investor," jelas Agus usai rapat kerja bersama Komisi XI DPR, menteri ekonomi, dan OJK, di Gedung DPR Komisi XI, Senayan, Jakarta, Selasa malam, 6 Februari 2018,

Agus menuturkan, di 2018 Indonesia akan mengarah pada pertumbuhan ekonomi antara 5,1 sampai 5,5 persen.

Selain itu, BI juga mengeluarkan kebijakan makroprudensial untuk membantu likuiditas dari perbankan dan memberikan kesempatan perbankan untuk ekspansi kredit. Tak hanya itu, GWM Averaging juga diperluas dari 1,5 menjadi dua persen.

"Kita juga harus mewaspadai risiko geopolitik yang berasal dari Semenanjung Korea atau di Timur Tengah. Secara umum sistem keuangan dan sistem makro ekonomi Indonesia terjaga,"  pungkasnya.

Pada awal 2014 suku bunga acuan BI tercatat sebesar 7,50 persen, kemudian sempat naik pada awal 2015 menjadi 7,75 persen, namun kemudian kembali turun menjadi 7,50 persen hingga akhir 2015. Baru pada awal 2016 BI perlahan memangkas suku bunga acuan hingga menjadi 4,25 persen.

 


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA