Guyuran Dana Desa

Angga Bratadharma    •    Kamis, 22 Feb 2018 13:03 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiadana desarapbn 2018
Guyuran Dana Desa
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta: Guyuran dana desa dalam jumlah yang cukup besar serta dikelola secara langsung oleh desa se-Indonesia tidak hanya menjadi trending topic di dalam negeri tetapi juga di beberapa negara di Asia. Vietnam, misalnya, yang menyampaikan juga ingin menerapkan program serupa untuk membangun desanya.

Pembangunan desa memang menjadi prioritas utama pada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai memimpin pemerintahan. Kue pembangunan yang awalnya hanya berkutat di ibu kota kini dicoba untuk lebih diratakan ke seluruh Indonesia. Hal ini diterjemahkan dalam sasaran pengembangan wilayah di RPJMN 2015-2019.

Mengutip data Kemenko Perekonomian, Kamis, 22 Februari 2018, pertama kali dana desa dialokasikan yaitu pada 2015 di mana alokasi dana desa sebesar Rp20,76 triliun disalurkan ke 74.093. Sedangkan di 2018, alokasi anggaran dana desa mencapai sebesar Rp60 triliun yang disalurkan ke 74.958 desa di mana jumlah ini sama seperti di 2017.


Sumber: Kementerian Keuangan

Pemerintah tengah melakukan kajian dan evaluasi hingga mampu menemukan formula terkait sistem tata kelola dana desa yang baik agar outcome yang didapat lebih maksimal dari tahun-tahun sebelumnya. Formula pengalokasian dana desa Tahun Anggaran (TA) 2018 disempurnakan dengan beberapa hal.


Sumber: Kementerian Keuangan

Beberapa hal yang dimaksudkan yakni pertama, penyesuaian proporsi dana yang dibagi rata (alokasi dasar) dan dana yang dibagi berdasarkan formula (alokasi formula). Kedua, memberikan afirmasi pada desa tertinggal dan sangat tertinggal yang mempunyai jumlah penduduk miskin tinggi.


Sumber: Kementerian Keuangan

Ketiga, memberikan fokus yang lebih besar pada pengentasan kemiskinan dan ketimpangan yaitu dengan melakukan penyesuaian bobot variabel jumlah penduduk miskin dan luas wilayah.


Sumber: Kementerian Keuangan

Adapun Undang-Undang (UU) Desa telah menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa diberikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

 


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA