Jadi Tuan Rumah Pertemuan IMF-WB, Nama RI akan Melambung di Kancah Global

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 09 Feb 2018 18:07 WIB
imf-world bank
Jadi Tuan Rumah Pertemuan IMF-WB, Nama RI akan Melambung di Kancah Global
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan dana moneter internasional atau IMF-Bank Dunia yang akan digelar di Bali, Oktober 2018.

Juru Bicara Bank Dunia David Theis mengatakan dengan dilangsungkannya acara pertemuan tahunan tersebut di Indonesia, akan menjadikan nama Indonesia lebih dikenal di dunia internasional.

"Bagi saya, manfaat besarnya adalah Indonesia bisa bikin suaranya terdengar di ajang global," kata David dalam media briefing di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Februari 2018.

David mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, nama Indonesia sudah pasti dipromosikan di hadapan tamu-tamu negara yang berasal dari berbagai macam negara.

Manfaat yang paling kentara yakni di bidang pariwisata. Apalagi, pemerintah pun telah menyiapkan beberapa wilayah pariwisata khusus yang akan diperkenalkan dalam acara tersebut. Di samping juga mendapat manfaat dari sisi keuangan, sebab tamu yang datang dipastikan akan menghabiskan uang untuk belanja.

Ketua Satgas Annual Meeting Peter Jacobs mengatakan acara tahunan tersebut menjadi penting untuk menunjukkan kapasitas Indonesia sebagai negara yang memiliki ekonomi yang dipandang dunia.

"Ini waktu yang tepat berkata pada dunia bahwa kita adalah ekonomi yang reform, yang berdaya tahan, progresif, secara ekonomi sudah masuk digital, syariahnya sudah modern dan lain sebagainya," kata Peter.

Menurut Peter pertemuan akbar di bidang ekonomi global tersebut menjadi momentum bagi Indonesia untuk memajukan pariwisata. Sebab, kata Peter, sebenarnya manfaat paling penting bukanlah gelaran acara intinya, namun efek yang ditimbulkan dari acara tersebut bagi kebangkitan pariwisata.

Apalagi, lanjut Peter, tamu negara yang bakal datang ditaksir mencapai 1.500 orang dari 189 negara yang utamanya merupakan Menteri Keuangan dunia, Gubernur Bank Sentral dunia.

"This is the momentum of truth, kita peroleh manfaat yang setinggi-tingginya untuk acara ini," jelas dia.

 


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA