Sri Mulyani hanya Senyum Ditanya Kapan THR Cair

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 15 Jun 2017 12:41 WIB
tunjangan hari raya
Sri Mulyani hanya Senyum Ditanya Kapan THR Cair
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan segera mencairkan gaji ke 14 atau tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS). Kapan pencairannya, itu yang jadi tanya.

Sebab, hingga saat ini insentif tersebut belum juga dicairkan. Padahal, menurut aturan dari Menteri Tenaga Kerja (Menaker), untuk PNS, pencairannya paling telat dua minggu sebelum Idulfitri. Ani pun menanyakan Lebaran jatuh pada tanggal berapa.

"Lebaran kapan ya?" tanya Ani sambil tertawa ketika ditemui di Energi Building, SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis 15 Juni 2017.

Dia menjelaskan, pencairan dana THR menunggu surat pengajuan membayar (SPM) dari masing-masing satuan kerja (Satker) atau kementerian dan lembaga (K/L). "Kalau masing-masing Satker sampaikan, segera kita cairkan."

Selain itu, Ani juga menunggu Peraturan Presiden (Perpres) mengenai THR yang diteken oleh Presiden Jokowi sehingga dirinya juga bisa mengeluarkan peraturan menteri keuangan (PMK) sebagai aturan teknis.

"Karena sekarang Presiden sedang keluar kota, PMK keluar, kita akan keluarkan," jelas dia.

Seperti diketahui, Idul Fitri menurut jadwal akan jatuh pada hari Senin 26 Juni 2017. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp23 triliun untuk gaji ke 13 dan ke 14 (THR) dalam UU APBN 2017.

 


(AHL)