Sri Mulyani: Generasi Z Lebih Pilih Mengonsumsi Pengalaman daripada Jajan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 14 Sep 2017 17:52 WIB
konsumen
Sri Mulyani: Generasi Z Lebih Pilih Mengonsumsi Pengalaman daripada Jajan
Menkeu Sri Mulyani Dalam rapat kerja nasional akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara untuk Indonesia sejahtera. MTVN/Suci.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan ada perubahan pola konsumsi masyarakat yang selama ini tercatat melalui sektor riil.

Dalam rapat kerja nasional akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara untuk Indonesia sejahtera, Ani sapaan akrabnya mengatakan, generasi Z, atau generasi yang lahir dalam rentang pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an dan hadir lebih akrab dengan teknologi, lebih memilih mengonsumsi pengalaman daripada jajan di pusat perbelanjaan, baik dalam bentuk makanan, pakaian dan sebagainya.

"Generasi Z lebih banyak mengonsumsi pengalaman dalam bentuk pariwisata (berpergian) daripada barang. Jadi polanya berubah," kata Ani di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menampik jika dibilang adanya kelesuan konsumsi atau daya beli masyarakat. Menurut Ani, dilihat dari pertumbuhannya di kelompok masyarakat kelas bawah, daya beli cukup sehat.

Sementara untuk kelompok menengah dan atas memang diakui terpengaruh oleh kenaikan tarif listrik golongan 900 volt ampere. Namun  Ani percaya, daya beli di kelompok ini akan kembali meningkat sejalan dengan upaya pemerintah di antaranya menjamin tak ada kenaikan harga yang diatur (administere priced), lalu penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia.

"Dengan program ekonomi diharapkan konsumsi di kuartal selanjutnya akan pick up," jelas Ani.



(SAW)