Mahasiswa KKN Diimbau Ajarkan Pengelolaan Akuntansi ke Perangkat Desa

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 10 Aug 2017 10:33 WIB
kementerian keuangan
Mahasiswa KKN Diimbau Ajarkan Pengelolaan Akuntansi ke Perangkat Desa
Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai cara dilakukan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membuat laporan keuangan negara menjadi lebih kredibel dan akuntabel.

Salah satu cara yang ditempuh yakni dengan mengimbau pada para mahasiswa jurusan akuntansi yang diterjunkan dalam program kuliah kerja nyata (KKN) ke daerah-daerah terpencil untuk bisa mengenalkan mengenai sistem akuntansi desa.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pentingnya pengetahuan mengenai bagaimana mengelola anggaran yang terstruktur bagi perangkat desa dengan menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual.

"Diharapkan para mahasiswa terutama jurusan akuntansi yang KKN ke desa mengajarkan sistem akuntansi desa," kata Mardiasmo dalam seminar bertema "The Impact on The Digital Era on Bussiness Strategy and Conduct", di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Kamis 10 Agustus 2017.




Mardiasmo menjelaskan kebanyakan perangkat atau pejabat desa menyusun laporan keuangan desanya secara tradisional. Hal ini dinilai tidak terlalu baik dalam pengelolaan keuangan karena tak bisa tercatat.

Dirinya mengatakan, jika desa menyusun rencana belanja anggaran (RAB) secara tradisional, bisa jadi nanti tak bisa diketahui nilai kelola aset keuangan yang sebenarnya.

"Kalau menggunakan tradisional, misalnya dalam menyusun RAB untuk membangun bendungan, nanti dia enggak bisa memisahkan mana yang aset mana yang biaya," ujar dia.

Lebih jauh, dia menambahkan mahasiswa jurusan akuntansi ketika lulus nanti berbeda dengan sarjana pada umumnya. Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang sekaligus profesi yang tentunya telah memiliki kode etik profesional.


(AHL)