Peringkat Investasi ke-4, BI Resmikan Kantor Perwakilan di Banten

Batur Parisi    •    Jumat, 15 Sep 2017 15:05 WIB
bank indonesia
Peringkat Investasi ke-4, BI Resmikan Kantor Perwakilan di Banten
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo (tengah) meresmikan BI Banten. (FOTO: MTVN/Batur Parisi)

Metrotvnews.com, Serang: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo meresmikan kantor perwakilan BI Provinsi Banten. Pembukaan kantor perwakilan ini merupakan komitmen untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda).

"Kehadiran BI di Provinsi Banten untuk bersinergi dengan mitra strategis Pemda dalam mengakselerasi reformasi struktural untuk membangun perekonomian daerah termasuk dalam pengendalian inflasi dan merumuskan kebijakan ekonomi," ujarnya, di Serang, Banten, Jumat 15 September 2017.

Provinsi Banten, saat ini, kata dia, menjadi tujuan kegiatan ekonomi hal tersebut terbukti dengan peringkat investasi Banten ke-4 secara nasional.

"Berbagai perusahaan strategis baik domestik maupun internasional memiliki kantor dan memusatkan proses produksinya di Provinsi Banten. Tercatat ada 1.600 perusahaan, dengan industri strategis seperti baja dan kimia dasar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Banten Budi Budiharto Setyawan menjelaskan, BI Banten telah hadir sejak 28 Agustus 2008 lalu. Pada awalnya kantor BI Banten menempati gedung sewa di jalan Yusuf Martadilaga. Saat itu, fungsi kantor perwakilan BI Provinsi Banten terbatas yakni sebagai penasihat ekonomi keuangan dan pengembangan ekonomi daerah sebagai mitra strategis Pemda.

Dia mengungkapkan, pengembangan ekonomi daerah difokuskan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tingkat inflasi pada level rendah dan stabil serta mendorong pengembangan sektor riil dan UMKM.

"Saat ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten memiliki sembilan fungsi," ujarnya.

Sembilan fungsi tersebut yakni Fungsi Asesmen Ekonomi & Surveilance, Fungsi Data & Statistik Ekonomi Keuangan, Fungsi Koordinasi & Komunikasi Kebijakan, Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Fungsi Pengelolaan Uang Rupiah (PUR), Fungsi Operasional Sistem Pembayaran (SP), Fungsi Perizinan & Pengawasan SP dan PUR, Fungsi Analisis SP & PUR, dan Fungsi Iayanan pendukung internal.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyambut baik kehadiran Kantor Bank BI Banten. Menurutnya, dengan hadirnya BI di Banten diharapkan dapat menurunkan inflasi di Banten.

"Banten memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah seperti sepanjang 509 km pantai terbentang dari Bayah sampai ke Anyer, begitu banyak destinasi yang potensial, 1 juta hektare (ha) pertanian yang belum digarap. Semoga dengan hadirnya BI di Banten bisa menyejahterahkan masyarakat," paparnya.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Gubernur Banten Wahidun Halim, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dan unsur Firkompinda.


(AHL)