Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2017 Lebih Rendah dari Perkiraan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 17 Mar 2017 15:53 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2017 Lebih Rendah dari Perkiraan
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2017 akan lebih baik. Sayangnya meski dinilai lebih baik dari akhir tahun lalu namun pertumbuhan ekonomi disebut-sebut lebih rendah dari prediksi sebelumnya.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada awal tahun biasanya lebih rendah. Kendati demikian dirinya meyakini jika kondisi tersebut akan tumbuh lebih baik pada kuartal sebelumnya.

"Ini kan kuartal I biasanya apakah itu belanja pemerintah atau korporasi itu biasanya belum dimulai. Jadi siklus ekonomi kita memang biasanya kuartal I lebih soft dibandingkan kuartal II, kuartal III lebih kuat dibandingkan kuartal II," ujarnya di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 17 Maret 2017.




BI sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I mencapai 5,05 persen. Namun proyeksi tersebut direvisi ke bawah sehingga pencapaian awal tahun ini akan lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Meski begitu, bank sentral tetap optimistis jika ekonomi kuartal I tahun ini tumbuh di atas 4,94 persen. Mirza menjelaskan pertumbuhan itu tetap tidak akan melonjak secara signifikan.

"Biasanya memang semester II lebih kuat dari semester I. Jadi kalau kami melihat bahwa kuartal I dibandingkan kuartal IV (tahun lalu) itu lebih baik. Tapi juga bukan suatu sangat signifikan lebih baik, (pertumbuhan) flat agak lebih baik," jelas dia.

Dirinya menambahkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi di akhir tahun lalu disebabkan oleh penundaan belanja pemerintah. Hal ini membuat perekonomian terlalu bertumpu pada tingkat konsumsi rumah tangga.

"Waktu kuartal IV pemerintah kan menahan disbursement pada kuartal IV karena kan supaya defisit anggaran tidak melebar. Sekarang kuartal I mulai back to normal. Kuartal I dibandingkan kuartal II lebih kuat dibandingkan kuartal I," pungkasnya.

 


(AHL)

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

23 minutes Ago

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan kondisi utang Indonesia masih di level aman jika diband…

BERITA LAINNYA