Pemerintah Berencana Kaji Ulang Proyek Pertamina dan PLN

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 01 Aug 2018 08:30 WIB
pertaminaplnimporekonomi indonesia
Pemerintah Berencana Kaji Ulang Proyek Pertamina dan PLN
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/ARYA MANGGALA)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan proyek-proyek di sektor energi adalah proyek urgensi. Kemenkeu siap berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan kelangsungan proyek-proyek tersebut.

"Untuk infrastruktur konten impornya besar maka kami koordinasi dengan Kemenko Perekonomian termasuk portofolio di Kementerian ESDM, PLN, dan Pertamina, serta instansi yang memiliki proyek setrategis yang punya konten impor yang tinggi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di Kemenkeu, Jakarta, Selasa malam, 31 Juli 2018.

Dari sisi regulasi, lanjut Ani, biasa ia disapa, pemerintah juga akan meyakinkan proyek yang ditunda bisa kembali dijalankan di tahun-tahun mendatang. "Dari sisi peraturan untuk bisa yakinkan proyek tersebut penting dan urgensi dilakukan maka dia bisa ditunda untuk tahun yang akan datang," imbuh dia.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara menjelaskan, saat ini kondisi Indonesia sedang mengalami defisit neraca perdagangan. Impor barang yang masuk ke Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan kegiatan ekspor barang Indonesia ke luar negeri.

Upaya menunda proyek-proyek yang banyak melakukan kegiatan impor dilakukan supaya menekan akselerasi impor dan menyehatkan defisit neraca perdagangan. Hal itu menjadi penting lantaran berkaitan dengan stabilitas nilai tukar dan postur ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA