Sri Mulyani Senang Inflasi Mei hanya 0,21%

Annisa ayu artanti    •    Senin, 04 Jun 2018 15:22 WIB
inflasi
Sri Mulyani Senang Inflasi Mei hanya 0,21%
Menteri Keuangan Sri Mulyani MI Susanto.

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut gembira inflasi Mei 2018 yang hanya 0,21 persen. Ia mengatakan biasanya ada lonjakan inflasi pada bulan Ramadan tapi tidak untuk tahun ini.

"Untuk inflasi kita tentu saja menyambut gembira bahwa pada hari bulan Ramadan dan mendekati lebaran inflasi hanya 0,21 persen," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 4 Juni 2018.

Menurutnya, inflasi Mei ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat. Selain itu inflasi Mei ini menunjukan bahwa Indonesia tidak terpengaruh dalam gejolak penguatan dolar Amerika Serikat yang biasanya berpotensi meningkatkan inflasi.

"Ini menunjukkan sekali lagi pemerintah akan terus menjaga agar daya beli masyarakat tidak tergerus, tidak ada kenaikan harga, dan dengan adanya gejolak dolar dan itu akan juga berpotensi untuk meningkatkan juga inflasi," jelas Ani sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan pemerintah juga telah berupaya menjaga stabilitas pangan selama Ramadan dan menjelang Lebaran. Hal itu juga mendorong capaian inflasi bulanan ini.

"Stabilitas dari harga pangan dan pasokan memberikan suatu tingkat kepastian dan kestabilan yang baik, kita terus jaga kondisi ini," imbuh Ani.

Ia beharap inflasi dapat terus terjaga hingga akhir tahun sehingga tidak melebihi target yang tercantum di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.


(SAW)


Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

18 hours Ago

Perlambatan ekonomi Turki sebagai akibat terjerembapnya lira, mata uang mereka, hingga lebih da…

BERITA LAINNYA