Menkeu: Sentimen Positif Dorong Kenaikan Cadangan Devisa

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 08 Dec 2018 08:27 WIB
cadangan devisa
Menkeu: Sentimen Positif Dorong Kenaikan Cadangan Devisa
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Foto: MI/ Panca.

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai sentimen positif beberapa waktu terakhir mampu mengangkat cadangan devisa Indonesia. Menurut dia faktor global memberikan angin segar bagi bertambahnya cadangan devisa November 2018.

"Ada sentimen positif yang mungkin bisa men-drive (cadangan devisa), terutama untuk koporasi yang ingin menutup buku pada tahun ini secara baik," kata dia ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 7 Desember 2018.

Dirinya menambahkan, pemerintah tetap mewaspadai adanya tekanan yang bisa membuat cadangan devisa kembali berkurang. Namun menurut dia, yang terpenting adalah bagaimana menjaga faktor fundamentalnya.

"Saya rasa kita akan tetap terus memperhatikan dan terus bereaksi secara berhati-hati terhadap perubahan yang ada. Kita manfaatkan sentimen positif, tapi pada saat yang sama tetap harus antisipatif," jelas dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa pada November 2018 mengalami kenaikan sebanyak USD2 miliar menjadi USD117,2 miliar. Posisi cadangan devisa melonjak ketimbang posisi devisa di akhir Oktober 2018 sebesar USD115,2 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembiayaan utang luar negeri pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Posisi cadangan devisa sebelumnya terus mengalami penurunan sejak Februari tahun ini. Pada awal tahun, posisi cadangan devisa tercatat sebesar USD131,98 miliar atau lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Desember 2017 sebesar USD130,20 miliar.

Kemudian sejak Februari sampai dengan September 2018, cadangan devisa kian tergerus hingga berada di posisi USD114,8 miliar. Beruntung, pada Oktober 2018 posisi cadangan devisa mengalami kenaikan sebanyak USD400 juta, dari USD114,8 miliar menjadi USD115,2 miliar.


(SCI)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA