Presiden Mau Penghambat Investasi Dibereskan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 05 Jan 2018 23:06 WIB
investasi
Presiden Mau Penghambat Investasi Dibereskan
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (MTVN/Annisa Ayu).

Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin investor yang mau berinvestasi ke Indonesia tidak dipersulit. Hal itu membuat Presiden meminta jajarannya untuk fokus pada masalah tersebut.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, peningkatan pertumbuhan Indonesia masih kalah dari beberapa negara, antara lain Malaysia serta Vietnam. Hal itu disebabkan Indonesia tak memiliki kerja sama perjanjian perdagangan dengan negara lain.

"Mereka cepat tumbuh dagang dan investasinya. Kenapa mereka bisa melakukan itu? Karena mereka sudah punya perjanjian perdagangan," kata Enggar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Menurut dia, pada kondisi saat ini, jika Indonesia akan melakukan ekspor, akan dikenakan biaya lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya. Hal itu dampak dari tidak adanya kerja sama perjanjian perdagangan antara Indonesia dan negara lain.

Baca: Presiden Minta Jajarannya Fokus pada Investasi

Menurut dia, masalah ini yang ingin dibenahi oleh Presiden. Sehingga, investasi yang masuk ke Indonesia pun lancar.

"Ada pergeseran ekspor kita, dari satu negara bergeser. Kenapa geser? Karena cari yang murah belinya. Bagaimana mereka juga bisa meningkat seperti itu. Dari negara itu investasi dengan tujuan ekspor ke Vietnam. Sekarang kalau mereka mau investasi di kita kendalanya masih banyak. Itu disampikan Presiden untuk segera dibereskan," kata dia.


(DMR)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA