Darmin Klaim Pemerintah Berhasil Kendalikan Inflasi

Suci Sedya Utami    •    Senin, 10 Jul 2017 22:52 WIB
inflasi
Darmin Klaim Pemerintah Berhasil Kendalikan Inflasi
Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah). (MTVN/Amal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengklaim pemerintah berhasil mengendalikan laju inflasi tahun ini. Hal tersebut ditandai dengan keberhasilan pemerintah dalam menjaga inflasi volatile food atau inflasi yang disebabkan karena harga pangan yang bergejolak.

Hal tersebut disampaikan Darmin dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin 10 Juli 2017. Dia menyebutkan selama ini inflasi Indonesia sangat didominasi oleh volatile food dan administered prices atau harga yang diatur pemerintah.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan saat era Orde Baru, inflasi bisa mencapai double digits karena sumbangan volatile food yang tinggi.

"Tahun ini kita berhasil (kendalikan inflasi)," kata Darmin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.




Dia menuturkan, sebenarnya pemerintah sejak akhir tahun menyadari bahwa tekanan administered prices akan sangat tinggi terhadap inflasi. Oleh karenanya dari awal pemerintah bersiap untuk mengendalikan volatile food dengan memastikan harga-harga barang pokok tak naik dan menyebabkan inflasi.

Kerja sama antarlembaga ditingkatkan untuk mengamankan dan stabilitas harga pangan di daerah-daerah. Tak hanya itu, lanjut Darmin, tim pengendali inflais daerah (TPID) juga dikerahkan di setiap provinsi untuk memastikan tak ada gejolak harga.

"Jadi inflasi itu identik dengan volatile food," jelas dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi tahun kalender 2017 atau secara kumulatif Januari-Juni yakni 2,38 persen yang mana untuk Juni tercatat 0,69 persen.

Inflasi pada Juni lebih disebabkan karena adanya penyesuaian tarif listrik 900 VA dan kenaikan tarif angkutan udara dan angkutan antarkota. Terlihat dari inflasi harga yang diatur pemerintah mengalami inflasi 2,10 persen dengan andil 0,42 persen. Sementara harga yang bergejolak yang berasal dari pangan hanya mengalami inflasi 0,69 persen dengan andil 0,12 persen.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

3 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA