Kemenkeu Ajukan Tambahan 7.000 PNS Baru

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 19 Jul 2017 11:32 WIB
pnskementerian keuangan
Kemenkeu Ajukan Tambahan 7.000 PNS Baru
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: dokumentasi Kementerian Keuangan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengajukan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungannya kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Langkah ini diharapkan bisa memaksimalkan fungsi dan tugas Kemenkeu di masa mendatang.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto menyatakan bahwa pihaknya kini tengah menunggu jawaban resmi dari Kemenpan PANRB mengenai berapa komposisi dan kuota yang bisa ditawarkan dalam penerimaan CPNS mendatang.

"Sudah diajukan dan kita tinggal menunggu jawaban resmi Kementerian PANRB untuk kita dapat berapa formasinya. Baru nanti melalui pengumuman kita adakan rekrutmen CPNS," kata Hadiyantom, ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 18 Juli 2017.

Usulan dari Kemenkeu, kata Hadiyanto, yakni sekitar 7.000 pegawai baru dibutuhkan untuk mengisi posisi kosong di lingkungan Kemenkeu, baik yang ditinggal pensiun maupun adanya keberadaan kantor baru dan lain sebagainya

Jumlah tersebut, lanjut mantan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu ini, didominasi dari lulusan STAN yakni lebih dari 4.000 dan masyarakat umum sebanyak 2.800. Namun, formasinya nanti sangat tergantung Kementerian PANRB.

"Ya hampir 7.000. Tapi kan masih menunggu dari Menpan ya," ujar dia.

Lebih jauh, dirinya menambahkan, kebutuhan pegawai paling tinggi yakni ada di Ditjen Pajak Kemenkeu, disusul Ditjen Bea Cukai Kemenkeu, kemudian selanjutnya dibagi ke beberapa eselon I lainnya. "Ada juga permintaan dari k/l lain untuk lulusan STAN agar bekerja di tempat mereka," pungkas Hadiyanto.


(ABD)