DPR Restui Pencairan PMN BPJS Kesehatan Rp6,8 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Oct 2016 21:10 WIB
bpjs kesehatan
DPR Restui Pencairan PMN BPJS Kesehatan Rp6,8 Triliun
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI merestui pencairan anggaran penyertaan modal negara (PMN) untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar Rp6,8 triliun.

Hal tersebut disepakati dalam rapat kerja Kementerian Keuangan bersama Komisi XI DPR yang dipimpin oleh Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng pada hari ini.

"Komisi XI DPR RI menyepakati pembiayaan dalam APBNP 2016 untuk BPJS Kesehatan sebesar Rp6.817,9 miliar," kata Mekeng membacakan keputusan, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

Sementara itu, Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Sony Loho mengatakan PMN BPJS Kesehatan diberikan untuk mendukung kecukupan dana jaminan sosial.

Pasalnya, ada ketidaksinkronan (miss match) antara jumlah iuran yang dibayarkan kepada peserta dengan yang harus dikeluarkan oleh BPJS, atau dengan kata lain BPJS harus menomboki kekurangan tersebut.

"PMN ini akan diteruskan kepada dana jaminan sosial kesehatan untuk menambah aset bersih guna membiayai kesinambungan program jaminan kesehatan nasional," ujar Sony.

Selain menyepakati pencairan PMN BPJS Kesehatan, rapat kerja kali ini juga menyimpulkan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut terhadap PMN untuk Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Negara Aset Negara (LMAN) Rp16 triliun dan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Rp54,3 miliar. Serta Komisi XI DPR RI akan melakukan pendalaman lebih lanjut terkait rencana pembiayaan dalam RAPBN 2017.


(SAW)