Di Mata Investor SUN, Pertumbuhan Ekonomi RI Paling Tinggi

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 14 Mar 2017 14:47 WIB
pertumbuhan ekonomisurat utang
Di Mata Investor SUN, Pertumbuhan Ekonomi RI Paling Tinggi
Menkeu Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia dipandang sebagai negara yang ekonominya mampu tumbuh tinggi oleh para investor surat utang RI (bond holder) di Amerika Serikat.

Hal tersebut diutarakan para bond holder ketika Ani melakukan lawatan kerja ke Negeri Paman Sam itu sepekan lalu. Kepergian Ani ke Amerika Serikat yakni sebagai upaya cek ombak dengan meng-update kondisi perekonomian terkini pada para pemegang surat utang Indonesia atau bond holder yang ada di sana.

"Mereka mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di 2016 termasuk yang paling tinggi," kata Ani di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa 14 Maret 2017.

Baca: Sri Mulyani Bantah Investor SUN Kabur karena Trump

Ani menjelaskan, para bond holder memandang perekonomian Indonesia dari sisi makro berjalan dengan baik sehingga bisa menjaga momentum pertumbuhan.

Beberapa hal yang dilihat yakni mengena angka defisit dalam APBN, neraca pembayaran, defisit transaksi berjalan, capital outflow yang berasal dari investasi asing langsung (FDI) maupun non-FDI yang dipandang cukup bagus.

Baca: Investor Masih Pilih SUN Ketimbang Obligasi Korporasi

"Dari sisi kebijakan makro sebetulnya cukup bisa diantisipasi misal proyeksi penerimaan negara, BI akan respons terhadap terjadi kenaikan suku bunga, maupun inflasi, kebijakan nilai tukar, itu masih dalam kerangka yang kita respons, jadi bagus," tandas Ani.


(AHL)

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

Menkeu: Level Utang Indonesia Masih Aman

22 minutes Ago

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan kondisi utang Indonesia masih di level aman jika diband…

BERITA LAINNYA