24.000 WP di Pasar Tanah Abang Berpotensi Tambah Data Perpajakan

Eko Nordiansyah    •    Senin, 17 Oct 2016 17:21 WIB
tax amnesty
24.000 WP di Pasar Tanah Abang Berpotensi Tambah Data Perpajakan
Illustrasi Pajak (ANT/Andika Wahyu).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Pusat menyebut ada 24.000 Wajib Pajak di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jika semuanya ikut program pengampunan pajak (tax amnesty), maka dapat menambah pemasukan negara di program tersebut.

Kakanwil DJP Jakarta Pusat Wahdjoe K Tumakaka mengatakan, meski hanya memiliki jumlah penerimaan negara yang kecil namun banyaknya jumlah WP dapat dimanfaatkan untuk menambah penerimaan tahun depan.

"Yang jelas bagaimana yang 24.000 WP ini bisa patuh semua walaupun kecil-kecil. Penerimaan bisa naik dan tahun depan bisa lebih patuh," kata dia usai mendampingi Dirjen Pajak mengunjungi Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Dirinya menambahkan, respon dari para pedagang untuk ikut tax amnesty sangat positif. Bahkan dari para pedagang ada yang mengaku telah mengikuti program tersebut di wilayah tempat tinggalnya.

"Mereka bilang kami berat, tapi positif mau ikut amnesty. Ada yang sudah ikut juga tapi di tempat tinggalnya. Secara awareness sudah tinggi, tinggal dibantu dengan pelayanan yang baik," jelas dia.

Selain di Pasar Tanah Abang, Kanwil DJP Jakarta Pusat juga akan mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil (UMKM) di wilayah lain. Misalnya saja Kanwil DJP Jakarta Pusat telah mengajak pedagang kecil di Pasar Cempaka Putih


(SAW)