Pengusaha Keluhkan Demo karena Ganggu Iklim Investasi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 24 Nov 2016 15:26 WIB
investasi
Pengusaha Keluhkan Demo karena Ganggu Iklim Investasi
Ketua Apindo Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J. Supit. (Foto: Antara/Jafkhairi).

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai rencana demo besar tak perlu dilakukan. Soalnya, demo akan menganggu iklim investasi di Indonesia.

Ketua Apindo Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J. Supit mengatakan, masalah yang sudah ada di jalur hukum seharusnya dipatuhi. Itu membuat investor nyaman. Walhasil, arus investasi di Tanah Air bisa terus berjalan.

"‎Demo ini berpengaruh ke iklim investasi, karena investasi itu memerlukan kenyamanan dan kepastian hukum. Apalagi, nanti buruh mau ikut demo, jadi kalau dibiarkan berlarut-larut akan berpengaruh besar (ke investasi)," kata dia di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Baca: Kadin Ingin Tito Karnavian Atasi Gangguan Investasi

Pada demo 4 November, Anton menyebut, banyak investasi terganggu. Bahkan ini menimbulkan citra negatif Indonesia bagi investor asing. Mereka meragukan kepastian investasi di tengah ketidakpastian perekonomian global.

"Kejadian 4 November kemarin membuat orang tambah mikir, saya saja punya orang-orang mau tanda tangan kontrak (bisnis) enggak jadi, ini baru satu kasus," jelas dia.

Untuk itu, dirinya berharp agar pihak kepolisian bisa meredam demo yang bakal digelar. Apalagi, jika terjadi demo anarkis, tidak akan menciptakan kenyamanan bagi investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

"Kalau dibiarkan maka menjadi kebiasaan, seperti buruh yang menutup jalan tol. Padahal, pengangguran dan kemiskinan kita masih angka tertinggi, dan ini butuh investasi atasi persoalan itu," pungkasnya.


(AHL)

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

1 day Ago

Suara sumbang kemenangan Donald Trump dalam Pilpes AS kembali terjadi. Ratusan warga kulit hita…

BERITA LAINNYA