Bappenas Ungkap Tantangan Capai Target Inflasi 2019

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 30 Jan 2019 06:15 WIB
inflasipertumbuhan ekonomibappenasekonomi indonesia
Bappenas Ungkap Tantangan Capai Target Inflasi 2019
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Bappenas)

Jakarta: Pemerintah menilai stabilitas harga pangan masih menjadi tantangan utama inflasi untuk tahun ini. Adapun pengendalian harga pangan dipercaya mampu mendorong tercapainya target inflasi 3,5 plus minus satu persen di 2019.

"Tantangannya masih sama, pengendalian harga pangan khususnya beras dan jagung," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro, ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Januari 2019.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut, pengendalian inflasi perlu dilakukan secara bersama-sama. Maka dari itu ada Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) yang akan bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Dirinya menambahkan, capaian inflasi sebesar 3,13 persen sepanjang 2018 sudah cukup baik. Karenanya pemerintah melakukan koordinasi sejak awal tahun agar laju inflasi tetap terkendali. "Kan enggak bisa satu-satu. Sama seperti kami juga (perlu menjaga) volatilitas makanan kemudian administerd price juga dijaga. Ini enggak sesaat, kami bicara satu tahun," jelas Enggar.

Strategi pemerintah dalam mencapai target inflasi akan dilakukan melalui empat kebijakan utama (4K), yang terdiri dari keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.


(ABD)