Gerakan Ekonomi Umat Semakin Berkembang

Media Indonesia    •    Selasa, 08 Aug 2017 14:00 WIB
ekonomi indonesia
Gerakan Ekonomi Umat Semakin Berkembang
Ustaz kondang Yusuf Mansyur saat ditemui di Istiqlal. MTVN/Ciputri..

Metrotvnews.com, Bogor: Ustadz Yusuf Mansur, pemilik Paytren,  mengatakan gerakan pemberdayaan ekonomi ummat semakin berkembang saat ini. Selama ini pemerintah sudah mendorong gerakan ekonomi ummat.

"MUI sudah lakukan kongres pada 22 Juli lalu dengan menguatkan, sinergi, mengaselerasi gerakan ekonomi ummat," katanya diberitakan Selasa 8 Agustus 2017.

Gerakan itu, lanjutnya, mendapatkan sambutan dari Presiden Joko Widodo. Presiden ingin menghilangkan kesenjangan ekonomi yang menjadi tanggung jawabnya.

"Yang buat kesenjangan bukan saya. Saya terima warisan. Tapi jadi tanggung jawab saya," katanya menirukan apa yang disampaikan Presiden Jokowi padanya.

Kemudian, katanya, Presiden datang ke kongres dengan dua ide. Ide pertamanya yakni retribusi aset. Aset akan dibagikan kepada koperasi dan pesantren untuk menggerakan ekonomi ummat.

"Presiden saat itu sampaikan, saat ini punya 12,7 juta hektare (ha) untuk pesantren dan koperasi," tambah dia.

Ide yang kedua adalah Kemitraan. Konglomerat diajak bekerja sama dengan pengusaha kecil untuk membangun ekonomi umat yang selama ini kurang dilibatkan dalam pembangunan ekonomi.

 "Itu arus baru dan Presiden setuju. Sekarang kita sedang bangun kemitraan melalui working group," pungkas dia.


(SAW)