2017, BI Taksir Pertumbuhan Ekonomi 5,17%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:23 WIB
pertumbuhan ekonomi
2017, BI Taksir Pertumbuhan Ekonomi 5,17%
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan jika pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini ditaksir sebesar 5,17 persen. Padahal sebelumnya, BI meyakini jika ekonomi bisa tumbuh di batas tengah antara lima hingga 5,4 persen atau sekira 5,2 persen.

"Saya lihat bahwa memang terjadi koreksi yang utama di kuartal III. Namun kontribusi di semester II akan lebih baik," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, sejumlah indikator ekonomi domestik sampai dengan Juni 2017 menunjukan perbaikan. Misalnya saja dengan meningkatnya investasi, konsumi rumah tangga, dan kontribusi ekspor.

"Karena ekonomi dunia yang dikoreksi membaik dan harga komoditas membaik. Tapi kalau lihat kondisi inveatasi menggembriakan yang tadinya didominasi pemerintah dengan pembangunan infrastruktur sekarang investasi pemerintah dan swasta," jelas dia.

Lebih lanjut, BI memprediksi jika pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II akan lebih baik dari kuartal I. Meski begitu Agus masih enggan membeberkan angka pasti untuk pertumbuhan ekonomi di kuartal II.

Sementara itu, BI menyebutkan jika konsolidasi perbankan dan korporasi mulai mengalami perbaikan. Hal ini berdampak pada pertumbuhan kredit tahun ini, meski pada Mei 2017 akan sedikit mengalami perlambatan.

"Pertumbuhan kredit sampai April cukup baik karena terus menunjukkan peningkatan dibanding Desember 2016. Tapi untuk Mei 2017 sedikit menurun lebih karena baseline-nya," pungkasnya.

 


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA