Di Dalam Negeri, Capaian Pertumbuhan Ekonomi tak Terlalu Diapresiasi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 09 Aug 2017 14:07 WIB
ekonomi indonesia
Di Dalam Negeri, Capaian Pertumbuhan Ekonomi tak Terlalu Diapresiasi
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia tak banyak diapresiasi oleh masyarakat di dalam negeri.

Darmin bilang, cara pandang tersebut berbeda dengan di dunia internasional, yang capaian kinerja ekonomi negaranya diapresiasi dengan baik.

"Di Indonesia, pertumbuhan ekonomi kita enggak terlalu diapresiasi, selalu dianggap kurang," kata Darmin dalam sambutan di acara Indonesia Development Forum, di Westin Hotel, Jakarta Selatan, Rabu 9 Agustus 2017.

Darmin mengatakan, padahal capaian kinerja ekonomi Indonesia tak buruk karena bisa menembus lima persen. Data kuartal II ekonomi tumbuh 5,01 persen. Capaian tersebut yang mungkin dinilai tak terlalu baik atau stagnan karena sama dengan capaian kuartal I.

Padahal, jika dibandingkan dengan negara lain, angka tersebut lebih besar. Amerika Setikat bahkan berada di bawah Indonesia yang tumbuh 2,1 persen pada kuartal II. Begitu juga Singapura tumbuh 2,5 persen.

Indonesia hanya kalah atau berada di bawah Tiongkok yang ekonominya tumbuh 6,9 persen. Namun secara keseluruhan, jika melihat situasi ekonomi global saat ini, capaian tersebut masih terbilang bagus.


(SAW)